Selasa, 17 Januari 2012

Resep Panjang Umur...




Bukankah usia kita itu tergantung dari kita juga, dengan berpola hidup sehat dan selalu berpikir positif adalah cara terbaik agar panjang umur. Tapi mesti diingat yach bahwa penentu akhir (pantukhir) umur kita adalah Tuhan jualah, tapi Tuhan sendiri menganjurkan kita agar selalu berusaha mempertahankan umur dengan cara berusaha dan diakhiri doa kepada-Nya. Bahkan Chairil Anwar ingn hidup 1000 tahun lagi, namun ternyata Chairil Anwar meninggal diusia relatif muda, karena disebabkan dengan pola hidupnya yang kurang sehat (terlalu mengikuti nafsu merokok yang berlebihan) dan tentu karena takdir dari Tuhan tentunya. Panjang umur merupakan dambaan setiap orang, dan banyak yang mengira di jaman yang serba canggih ini memiliki umur panjang sudah tidak mungkin.bagaimana caranya agar panjang umur??? Berikut detail dari kiat-kiat mempertahankan umur kita:
Secara teratur check up

check up kesehatan menyeluruh sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi munculnya penyakit parah sehingga dapat ditanggulangisecara cepat. Check up secara berkala tersebut meliputi tes kolesterol, fungsi tiroid, pemeriksaan lab serta rontgen dan update imunisasi tertentu seperti tetanus dan hepatitis. Untuk wanita penting pula melakukan pemeriksaan serviks secara rutin untuk menghindarkan dari kanker rahim, terutama bagi pelaku seksual aktif.

Love your self

atau memncintai dan menyayangi diri sindiri. Kunci untuk mencintai diri sendiri adalah dengan bersyukur. Anda harus dapat mensyukuri hidup yang diberikan oleh Tuhan dan orang-orang yang berada di sekitar anda. Cinta kasih anda tampang orang yang lagi bahagiaterhadap diri sendiri akan berdampak pada orang-orang disekitar anda. Camkan bahwa anda tidak harus membahagiakan semua orang dan membuat semua orang menyukai anda. Bila mendapat masalah segera diskusikan dengan teman terdekat atau konsultasi ke ahli psikologi bila anda mendapat masalah serius, jangan dipendam sendiri.

Olahraga secara terjadwal

Melakukan olah raga dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung. Berolahraga juga merupakan cara yang paling efektif untuk membakar lemak dan sangat jitu bagi para pelaku diet. Tak hanya itu, olah raga juga membuat tubuh jadi fresh dan tidak mudah lelah terutama saat melakukan aktivitas rutin.

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat dan bukan makanan pusat saji menjaga tubuh tetap sehat. Lebih bagus bila anda memakan makanan organic yang berasal dari tumbuhan yang tidak memakai pestisida untuk perawatannya. Makanan sehat tidak melulu untuk menjaga berat badan, tapi juga menyumbang bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh. Jaga porsi makanan supaya tidak berlebih namun juga tidak kurang.

Berhenti/kurangi merokok

Merokok mengandung 17 macam racun di setiap batangnya. Merokok juga membuat anda rawan terkena kanker dan penyakit kardiovaskular, menopause awal dan masalah fertilitas serta menstruasi.

Say no to drug

Alkohol menyebabkan timbulnya penyakit sirosis dan hepatitis dengan rasio terkena lebih tinggi pada wanita. Alkohol juga dapat memicu kanker payudara dan juga kematian akibat kecanduan yang tinggi.berani bilang tidak pada narkoba

Seks hanya dengan istri atau suami

Seks aman wajib dilakukan terutama bagi orang yang tidak melakukan monogami alias berganti-ganti pasangan. Melakukan seks aman artinya hanya melalukan aktifitas seks hanya kepada istri atau suami.

Minum lebih banyak air
Terbukti bahwa meminum lebih banyak air mineral akan membuat tubuh tidak dehidrasi. Juga dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam tubuh, kulit akan terlihat lebih sehat dan muda.
Cukupkan tidurmu
Siapa bilang tidur siang hanya untuk anak kecil, orang menjadi sibuk dan lupa untuk menyeimbangkan kesegaran tubuhnya di siang hari. Lebih baik Anda mencuri waktu untuk tidur di jam istirahat. Tak perlu lama-lama, cukup 20 hingga 30 menit saja. Ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengatasi stres.
Always Berpikir positif
Orang yang kerap berpikiran negatif biasanya mudah terserang penyakit jantung, stroke dan lainnya. Kadang ada pentingnya Anda tak terlalu membebankan semua masalah di pundak sendiri dan bagaimana caranya Anda bisa berbagi dengan orang lain.
Selalu senyum
Senyum bisa membantu Anda merasa lebih baik dalam menjalani hidup.
Imbangi buah dan sayur dengan daging.
Kebiasaan macam ini bisa membantu kesehatan tubuh. Makan buah dan sayuran, segera usia Anda bertambah.
Rekreasi secukupnya
Usahakan setiap akhir pekan melalukan refresing, karena tubuh ini perlu juga waktu untuk merelaksnya dan memanjakannya dengan misalnya jalan-jalan kealam, pantai dll.
Berdoa kepada-Nya
Nah darisekian kiat-kiat untuk panjang umur, maka kiat inilah yang paling manjur, yakni selalu berdoa kepada Tuhan agar kita diberi kesempatan untuk lebih lama menikmati dunia ini, nah apakah kita hanya sekedar doa??? Tentu saja tidak, kita sebagai mahluk Tuhan mesti menjalani segala perintah-perintah Tuhan secara maksimal dan menjauhi larangan-larangan Tuhan secara radikal.
Demikian sedikit tentang kiat-kiat agar kita berumur panjang, mudah-mudahan pertanyaan bagaimana caranya agar panjang umur ini terjawab lewat kiat-kiat diatas, Amien….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar